SLEMAN – Jambu biji dengan ukuran jumbo biasanya dinamakan jambu Bangkok. Jika jambu air yang (juga ada) ukuran jumbo, lazimnya disebut sebagai “jambu dalhari”. Jambu ini ada di Krasaan, Brebah, Sleman.

Jambu dalhari ini, memang memiliki ukuran sebesar sebesar bola tennis. Daging jambunya tebal, rasanya manis dan jarang sekali ditemukan ada bijinya. Sehingga, terasa lebih nikmat dan manknyus jika digigit.

Masa berbuah jambu dalhari ini pun istimewa. Bisa sampai sepuluh bulan lebih. Tak aneh jika petani penanamnya kerap memetik untung yang berlebih. Apa lagi harganya lumayan mahal, biasanya dijual dengan harga Rp 6-10 ribu/kg tergantung besar kecilnya ukuran buah.
Dengan kualitas super, biasanya berat sebuah jambu dalhari ini bisa tiga ons. Tak heran pula jika Istana Negara Jakarta setiap tahunnya memesan jambu tersebut untuk menjamu tamu-tamu kenegaraan.

“Kemarin saya baru saja kirim ke Istana Negara sebanyak 16 kg dengan kualitas super, Mbak,” tutur Sihono Ketua Kelompok Tani Jambu Air Dalhari Krasaan yang ditemui N-News (14/10).

Pemasaran jambu ini, memang tidak hanya terbatas di Yogya saja. Tapi juga sudah dipasarkan hingga Pulau Sumatera dan Bali.

Mengapa dinamakan ‘jambu dalhari’? Ternyata, sejarah dari jambu ini memang berasal dari Pak Dalhari yang menanamnya di depan rumahnya, Dusun Candi Bang, Bokoharjo, Sleman. Karena buahnya yang luar biasa, maka warga setempat kerap meminta buahnya untuk dinikmati.

Akhirnya, Pak Dalhari yang pensiunan TNI AD ini berinisiatif mengembangbiakkan dengan cara dicangkok. Bibit jambu cangkokan inilah yang kemudian berikan pada tetangga-tetangganya secara gratis.

Oleh para tetangga, bibit jambu yang ditanam ternyata tumbuh subur. Untuk menghormati Pak Dalhari, maka buah jambu yang merah menggiurkan itu dinamakan jambu dalhari.

Hingga sekarang, hampir di setiap rumah warga di dusun Candi Bang itu terdapat tanaman pohon jambu dalhari di pekarangannya. Lalu dibentuklah kelompok tani yang jumlahnya mencapai 41 orang, dengan Ketuanya Pak Sihono itu.

Penanaman sampai perawatan jamu ini sangatlah mudah. Tergantung pada proses pemupukan dan juga pemangkasan dahan-dahannya secara rutin. Hanya dalam waktu tiga tahun, pohon jambu ini sudah dapat dipetik buahnya. Dengan total produksi buah sekitar satu hingga dua kuintal tiap-tiap pohonnya.

Hebatnya lagi, pada usia enam tahun, tiap pohon jambu ini sudah dapat menghasilkan buah segar hingga enam kuintal per musimnya. Bayangkan keuntungan yang diperoleh. danar wulandari



Perawatan Jambu Dalhari

1. Siapkan lubang ukuran 60X60 Cm
2. Siapkan tanah dan kompos perbandingan 1:1
3. Masukan cangkokan jambu dalhari
4. Siram sehari sekali secara rutin
5. Pra berbuah, lakukan pemupukan setengah tahun sekali
6. Setelah berbuah pemupukan dua kali, yakni saat awal bunga dan akhir panen
7. Bunga yang dalam penyersebukkan bungkus dengan plastik
8. Cirinya, semua rambut bunga telah gugur dan bakal buah hijau mulus tanpa bintik-bintik
9. Karena buahnya lebar, maka tiap-tiap pohon perlu tiang penyangga bamboo
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati