Screenshot situs PSSI. (Foto: Google)














Jebolnya situs PSSI tentu saja terbilang memprihatinkan. Terlebih, jika mengetahui bahwa induk sepakbola nasional tersebut mendapat kucuran dana hingga miliaran rupiah tiap tahunnya.

"Admin situs PSSI masih bodoh juga ya, sudah dikasih tahu bug-nya (celah) tapi masih saja tidak di-patch(ditambal). Capek deh nih admin," gemas pelaku yang mengaku telah membobol situs PSSI.

Ya, setiap tahun berganti, PSSI dinilai bak mendapat durian runtuh. Di saat itulah, organisasi olahraga yang dituntut untuk segera melakukan revolusi tersebut mendapat pasokan dana segar dari berbagai sumber.

Menurut Apung Widadi peneliti ICW yang tergabung dalam Save Our Soccer, untuk tahun 2011 saja, PSSI diperkirakan mendapat dana Rp 90 miliar dari APBN, dari FIFA USD 300 ribu (pembagian keuntungan penyelenggaraan Piala Dunia 2010), lalu sponsorship Rp 45 miliar.

"Selama ini kan PSSI tidak pernah transparan dalam mempertanggungjawabkan anggaran," ujar Apung ketika diwawancara detikcom beberapa waktu lalu.

Memang, dana yang harus dikeluarkan PSSI untuk menjalankan roda kompetisi sepakbola Indonesia dan membiayai Timnas Garuda juga tak sedikit.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah dana miliaran yang mereka dapat tak ada sedikit pun yang dialokasikan untuk pembenahan situs webnya?

Padahal di era informasi sekarang ini keberadaan situs dari sebuah organisasi termasuk hal penting. Apalagi jika organisasi tersebut menjadi badan olahraga yang sangat digilai penduduk suatu negara, seperti Indonesia.

Di media inilah PSSI sejatinya dapat mendistribusikan informasi seputar sepakbola nasional hingga berpromosi. Namun jika tools ini saja tidak diurus, bagaimana bisa dioptimalkan?

Nah, kini ketika gelontoran gerakan yang menuntut Ketua Umum PSSI Nurdin Halid beserta kroni-kroninya mundur jelas situs PSSI bakal menjadi salah satu sasaran tembak para peretas untuk melampiaskan kekesalan.

Namun sayang, Situs PSSI ternyata memiliki sistem keamanan yang minimalis.

Situs PSSI yang beralamat di www.pssi-football.com tersebut dianggap kurang menantang untuk dedemit maya Indonesia lantaran mudah sekali ditembus. Diduga kuat, tumbangnya situs tersebut kemarin siang adalah akibat ulah hacker yang kecewa terhadap performa PSSI selama ini.

"Situs PSSI gampang dibobol, banyak sekali bug (celah). Kami bisa dengan mudah memasukan script ke dalam databasenya," klaim pelaku.

Selain PSSI, beberapa situs lainnya juga terkena imbas para dedemit maya yang menginginkan revolusi di tubuh PSSI. Sebut saja www.rspp.co.id, globalmusik.co.id, ssb-indonesia.com, precor-indonesia.com, dan masih banyak


Sumber : http://www.suaramedia.com/dunia-teknologi/computer-it/39396-miliki-dana-miliaran-situs-pssi-sama-sekali-tak-terurus.html

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

One Response to this post

  1. sania rin on October 17, 2015 at 11:41 AM

Leave a comment

Komentarmu=Jati Dirimu