Sekuter matik yang sedang naik daun saat ini adalah yamaha mio, dengan varian mio yaitu mio sporty dan mio soul. Sepintas kedua varian ini bagai pinang dibelah kapak hehehe.
Spesifikasi Mesin dari yamaha mio sampai yamaha mio soul tidak ada yang berubah alias sama plek. Berikut ulasannya.
Engine
Tipe Mesin : 4 langkah, SOHC 2-Klep pendingin udara, AIS (Air Induction System) EURO 2 Ready
Diameter x Langkah : 50.0mm x 57.9 mm
Kapasitas Silinder : 113.7 CC
RatioKompresi : 8.8 : 1
Tipe Kopling : Kering, Sentrifugal Otomatis
Isi silinder : Tunggal
Karburator : Keihin NCV24×1
Sistem pengapian : DC-CDI
Sistem pelumasan : Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin : 0.9 Liter
Transmisi : V-Belt Otomatis
Rasio Gigi : 2.399 – 0.829
Caster / Trail : 26.5 derajat/ 100 mm
Tipe Rem Depan : Hydraulic Disc brake dengan Single Piston
Tipe Rem Belakang : Teromol
Chassis
Berat Kosong : 87 Kg
Tipe Rangka : Steel Tube
Kapasitas Bahan Bakar : 3,7 Liter Bensin Leaded / unleaded
Jarak Sumbu Roda : 1,240 mm
Jarak terendah ke Tanah : 130 mm
Tinggi Tempat Duduk : 745 mm
Suspensi / Ban
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Teleskopik
Ukuran Ban Depan :70/90-14MC 34P
Ukuran Ban Belakang : 80/90-14MC 34P
Performa
Dimensi (P x L x T) : 1,820 x 675 x 1,050 mm
Sistem Starter : Kick & Electric
Daya Maksimum : 6.54 Km (8.9 ps) / 8,000 rpm
Torsi Maksimum : 7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 rpm
Bentuknya yang kecil dan lumayan seksi membuat mio menjadi incaran tangan-tangan jail modifikator. Biar kelihatan moy.. yamaha mio hanya perlu sedikit sentuhan saja, misalnya dengan mengganti ban bergaya racing dan ukuran yang sedikit lebih gemuk, seperti yamaha mio di atas,tentu saja dengan tambahan TIRE TECH.
Tags:
otomotif
biaya modif bisa berlipat2 harga motornya qe3 lagian pemiliknya pasti anti-hujan ;)