Artikel MarketingMengembangkan bisnis online saat ini sudah menjadi wabah yang meluas. Di Amerika saja, lebih dari 75% orang disana berencana membangun bisnis online, atau setidaknya pernah terlintas di pikiran mereka untuk merambah internet sebagai sarana bisnis mereka. Namun sayangnya, dari jumlah yang amazing itu hanya 3% yang benar-benar sukses dan bertahan. Sisanya akan hancur, tergilas zaman dan tersapu oleh strategi dan manuver kompetitor-kompetitor yang lebih brilian.

Sebagian besar, kalau tidak bisa dikatakan semuanya, kegagalan bisnis online terjadi akibat kesalahan dalam perencanaan dan eksekusinya. Banyak orang yang membangun bisnis online melakukan kesalahan layaknya menembak burung dalam gelap. Yang bisa dipastikan tidak akan bisa mengenai sasaran.

Komitmen, adalah satu hal pokok yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri sebelum memulai bisnis. Apakah Anda benar-benar memilikinya? Jika ya seberapa besar? Karena jelas sekali Anda bahkan harus memberikan 110% komitmen jika diperlukan. Apakah Anda sanggup? Banyak orang menganggap diri mereka memiliki komitmen penuh terhadap sesuatu. Namun di tengah jalan mereka menyadari bahwa “sesuatu” itu bukanlah pilihan mereka lalu kemudian menyesalinya.

Sebuah artikel tentang online business menuliskan suatu pernyataan yang menarik:
“What is the difference between you and someone who is making a hearty living with their Web business? The classic reason is that they found a need and filled it. But chances are, they also got savvy and applied a sound business strategy.”

Jadi tak salah lagi, semuanya berasal dari ide dan kejelian dalam melihat pasar. Internet bisa diibaratkan sebagai sebuah dunia, dimana pasti ada orang-orang yang mencari dan membutuhkan sesuatu. Buka mata Anda lebar-lebar dan peras ide Anda. Pelajari ilmu-ilmu yang diperlukan, jangan malu-malu untuk bertanya pada orang-orang yang telah berhasil.

Dalam perjalanan Anda mempelajari seluk beluk bisnis internet, Anda akan menemukan banyak sumber, baik yang bisa dipercaya maupun yang tidak, yang benar-benar berkompeten ataupun yang hanya asal-asalan. Pastikan sumber Anda terpercaya. Jika Anda membutuhkan jasa SEO (Search Engine Optimization), pilih yang benar-benar bertanggung jawab dan telah terbukti keberhasilannya. Saat Anda akan memakai strategi artikel marketing, pilih penulis yang telah berkualifikasi internasional dengan publikasi artikel yang mendunia dan berpengalaman. Demikian pula dengan hal-hal yang lain. Jangan pernah salah pilih atau Anda akan menghancurkan bisnis Anda sendiri.

Satu lagi yang perlu Anda tanamkan adalah bahwa tidak pernah ada kesuksesan yang datang secara instan. Semua membutuhkan usaha, kerja yang keras dan cerdas. Kegagalan adalah sesuatu yang biasa, maka jangan menyerah saat Anda mengalaminya. Selalu tanyakan pada diri sendiri: Apakah ide bisnis online saya ini reasonable? Apakah pasar membutuhkan produk saya? Berusaha terus dan suatu saat nanti Anda pasti akan berhasil di bisnis online Anda. Selamat Mencoba
Take from Kaskus Forum By:Andi Apriadi
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

One Response to this post

  1. Halaman Samping-nya Inung Gunarba on July 29, 2010 at 3:54 PM

    Komitmen, telaten dan jeli melihat pasar emang selalu didengungkan buat bekal nyebur ke bisnis online :) Benar-benar tak semudah membalikkan telapak tangan tapi semua bisa kita lakukan, semangat!

Leave a comment

Komentarmu=Jati Dirimu