Nah loh sotosop lagi loh :D, he he masih belum ada mood tuk artikel berat-berat ( padahal ga pernah ) kali ini o0z posting deh hal-hal basi dan spele, yang pasti utak-utik photoshop yah...buat mas-mas, mbakyu-mbakyu kalau dah bisa abaikan aja yah, kalau yang blum bisa ya ayuk balajar sama-sama, seperti judulnya Photoshop Fire Effect Text kali ini effect yang akan kita bikin adalah effect kebakaran alias kobong.... dah yuk langsung ajah.....

Langkah 1 langsung aja bikin document baru ( ga usah pakai contoh pasti dah bisa ), sekalian ketik tulisanya, bikin background hitam dan tulisan putih.
Langkah 2 pilih pada layer tulisan di kotak kanan itu, lalu duplicate text layer satu kali aja, lalu pilih pada hasil duplikasi tadi dan hilangkan icon mata pada kotak di kirinya ( ini adalah proses hide layer, nanti akan kita gunakan di akhir episode :D )

Langkah 3 masih tetap pada layer tulisan yang tengah ( yg tidak disembunyikan ) lakukan ( Image > Rotate Canvas > 90 CW ) nah lalu diberi effect wind. ( Filter > Stylize > Wind ) silahkan lakukan sesuai selera, kalau saya sih 5 kali.

Langkah 4 masih tetap pada text, balik lagi seperti sedia kala ( Image > Rotate Canvas > 90 CCW ) lalu berikan effect Grusian Blur pixelnya pilih 1.5 ajah yah jangan banyak2 tar kabur beneran :D. ( Filter > Blur > Grussian Blur ). Jadinya kayak gini.
Langkah 5 Duplicate Layer Backgoud yang hitam tadi yah, udah tahu kan caranya, Klik kanan pada Layer Background trus pilih Duplicate layer. Setelah itu gabungkan Background hasil duplicate tadi dengan tulisan yang udah dikasih efect Grusian blur. Caranya udah bisa dong....

Langkah 6 Nah ini dia bagian yang paling butuh kesabaran, pada langkah ini lakukan yang namanya Liquify, untuk memunculkan effect guratan api nya. Oke deh langsung ajah pilih ( Filter > Liquify ), Ukuran Brush silahkan sesuai selera, kalau saya pakai 50. Lalu bayangkan sobat sekalian sedang menggambar guratan api dengan melakukan Liquify pada effect Wind pada Text nya, semakin banyak berlatih saya rasa semakin bagus hasil nya. Nah hasil yang saya peroleh seperti ini.
Langkah 7 Saatnya Bermain wanrna......ta da..... ha ha tarik napas dulu biar ga stress...he he, oke deh kalau udah ga sabar, Warna Pertama ( Layer >New Adjustment Layer > hue/Saturation)
Warna Kedua lakukan hal yang sama seperti melakukan warna pertama tadi namun kali ini seperti ini settingnya.

Nah masih tetap di layer yang sama, tolong diubah blend layer nya menjadi overlay.
Nah Nanti Hasilnya kurang lebih seperti ini.
Langkah 8 Masih inget Layer Text Yang kita sembunyikan tadi? Nah munculin kembali deh, cara nya klik pada kotak di kirinya itu biar ada gambar matanya. Nah setelah nampak lipih layer TXT tadi lalu tambahkan Setting Warna Gradient Overlay
Dan setelah muncul Window baru maka selanjutnya ikuti langkah berikut ya....
Lalu Klik Oke, maka akan jadi seperti ini deh kang mas, mbak yu, adik-adik, sodara-sodara.

Udah selesai???? Belum.....!!!! Masih ada langkah selanjutnya, hufff minum kopi dulu.....

Langkah 9 ini adalah finishing, masih tetap di layer yang sama, kini kita berikan Layer Mask, yang akan menambahkan kesan realistis pada gambar kita, lihat itu kan masih kaku dan huruf nya belum terbakar......
Nah pada Layer Mask inilah kita kan memberikan goresan kita sendiri untuk sedikit menghilangkan batas antara api dengan huruf nya. JANGAN LUPA setting foreground hitam dan background putih.

Lalu gunakan alat Brush dan terapkan pada batas batas huruf dengan api agar terlihat nampak cerah, semua yaaaaa.....agar lebih menyatu antara api dengan huruf nya bro....Hasilnya akan seperti ini.
Nah udah selesai deh Photoshop Fire Effect Text, sampai di sini jika dirasa pencahayaannya kurang silahkan setting sendiri untuk contrast nya sesuai selera mata masing-masing, namun saya lebih suka yang terang benderang ( bukan pak SBY lho ) he he, nah jadinya akan sangat menyilaukan mata dan tampak PANASSSS, seperti ini.

Oke deh akhirnya kelar lagi deh sotosopnya, selamat dicoba yah, mungkin kalau para master sotosop baca ini tolong dikoreksi yah.... he he he Blogwalking lagi ah.
Oya teman-teman belakangan saya lebih suka BW tapi diem2 he he dan tidak meninggalkan jejak, hi hi soalnya takut dibilang spaming sih, tapi kalau emang bener2 mendesak dan emang aku pengin komentar yah pasti komentar, terutama blognya mas Ferdinand ( dj-site )tuh, pinter banget mancing visitor untuk komentar, hi hi hi.
Okey....?Happy Blogging and Have a Nice day, I Love You All

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

5 Responses to this post

  1. rizal on September 16, 2010 at 12:05 AM

    Yang jago sotosop selama ini diam2 saja, sekarang baru dikeluarin ilmunya...terusin nulis yang beginian jadi aku bisa curi ilmunya hee..he...

    thanks mas

  2. Oby Syam on September 16, 2010 at 12:18 AM

    makin panas aja nih tips tipnya kang ozzy,,,,
    :D

  3. TUKANG CoLoNG on September 16, 2010 at 6:12 AM

    lagi belajar design ya brader?

  4. AeArc on September 16, 2010 at 9:37 AM

    saia ga punya sotosop gan

    :ngacir:

  5. bliyanbayem on September 16, 2010 at 3:56 PM

    hhihihihi... jujur mas aku ga bisa make photoshop. salam kenal ja!!

Leave a comment

Komentarmu=Jati Dirimu