“Stradling Bus” (Bus Mengangkang) (AP Photo)

Carilah ilmu hingga ke negri Cina. Kalimat ini tentunya tidak asing bagi telinga kita. Sebuah perusaahan yang bergerak dalam bidang transportasi di Cina, Shenzhen Hashi Future Parking Equipment Co. , memiliki cara tersendiri untuk membantu mengatasi masalah kemacetan di negaranya. Perusahaan ini mendesain kendaraan yang dinamakan "Stradling" Bus yang unik. Dari sumber yang ada, bus berkecepatan tinggi ini di desain ramah lingkungan dan mampu mengangkut hingga 1400 orang! Salah satu wilayah di Beijing, akan menjadi lokasi uji coba dari kendaraan ini. Apakah pepatah itu benar dan kita harus belajar dari pemerintah Cina untuk mengatasi kemacetan di Ibukota tercinta?

Monorail (AP Photo)
Ide pembuatan sarana transportasi seperti di negara tetangga Malaysia juga sudah hampir dijalankan. Tapi apa yang terjadi? Proyek yang telah berjalan dan menyita anggaran belanja daerah ini akhirnya tidak dilanjutkan lagi. Menurut Anda, apa sebaiknya ide pembangunan Monorail dijalankan lagi?

Jalanan Berlapis (AP Photo)
Salah satu masalah yang dinilai menyebabkan Jakarta menjadi macet adalah kurangnya lahan dan jalanan bagi kendaraan untuk melintas. Salah satu cara yang dianggap tepat untuk mengatasi kemacetan Ibukota adalah mendirikan jalanan dan jembatan-jembatan berlapis untuk menambah "volume" jalan di Ibukota.

MRT (AP Photo)
Ide dibangunnya MRT untuk mengatasi kemacetan di Jakarta sudah lama dipikirkan. Tapi dengan segudang kendala dan juga alasan akhir-akhirnya pembangunan MRT dinilai kurang pas untuk menyelesaikan masalah kemacetan di Jakarta. Bagaimana menurut Anda?

Kora-Kora Raksasa (AP Photo)

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu permainan yang paling diminati di Dunia Fantasi ini? Hanya dengan sekali ayunan dari kora-kora raksasa, kita dapat sampai di tempat tujuan! Praktis bukan? Guna menyesuaikan dengan gedung pencakar langit Jakarta, kora-kora bisa dibuat di atas gedung-gedung tinggi , ditambah lift raksasa. Mual? Itu tidak akan Anda alami jika sudah sering mengendarai "kendaraan" ini.

Peringatan: Kendaraan ini tidak cocok bagi wanita hamil, anak-anak yang memiliki tinggi badan dibawah 110cm, manula, dan mereka yang memiliki sakit jantung!


Roller coaster (AP Photo)

Lagi-lagi DUFAN dan taman hiburan lainnya dapat menjadi inspirasi untuk mengatasi kemacetan di Jakarta. Kalau tidak punya dana membangun monorail, setidaknya tiang-tiang yang kelanjur terpancang bisa jadi tiang untuk rel roller coaster. Ada banyak keuntungan dari kendaraan ini, cepat sampai tujuan, mencegah bolongnya lapisan Ozone karena tidak perlu AC, bisa mengeringkan rambut yang basah, dan Indonesia bakal menjadi negara pertama yang punya roller coaster di dalam kota.


Ketapel raksasa (AP Photo)

Bungee jumping melempar ke bawah, horizontal, melempar ke tujuan! Mekanismenya mirip ketapel. Yang berukuran kecil tentunya tidak bisa "melontarkan" Anda ke tempat tujuan. Bagaimana jika dibangun sebuah ketapel raksasa? Tentunya ketapel tersebut akan cukup kuat melontarkan Anda ke tempat tujuan. Hanya perlu menggunakan pengaman kepala, pengaman sikut, lalu siap dilontarkan dengan ketapel raksasa ke tujuan Anda. Tentu Anda tidak akan mengalami yang namanya kemacetan. Selain efektif, cara ini juga bisa melatih ketertiban masyarakat. Berani berdesak-desakkan dan naik sambil berdiri?

Peringatan: Sampai atau tidaknya di tempat tujuan, kami tidak dapat menjamin.


Seluncuran (AP Photo)

Siapa yang tidak suka bermain seluncuran atau "perosotan" ketika masih kecil? Bagaimana kalau kita membangun seluncuran besar di Jakarta yang dapat mengantar kita ke berbagai tempat di Jakarta? Pasti tidak akan adalagi krisis bahan bakar dan juga kemacetan. Infrakstruktur yang perlu disiapkan hanya menara super tinggi di 'terminal keberangkatan'. Takut lecet? Jangan khawatir, ada air dan ban renang sebesar bus yang bisa mengangkut banyak orang sekali luncur. Yang perlu anda siapkan hanyapakaian anti air yang melindungi pakaian Anda supaya tidak basah. Dan voila! Anda sampai di tujuan!

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

2 Responses to this post

  1. TUKANG CoLoNG on March 3, 2011 at 8:54 PM

    lucu dan ekstrim

  2. sania rin on October 17, 2015 at 7:08 PM

Leave a comment

Komentarmu=Jati Dirimu