honda_bmi_1
Honda telah mengembangkan otak-mesin baru antarmuka (BMI) yang memungkinkan manusia untuk mengontrol robot humanoid Asimo hanya dengan pemikiran pemikiran tertentu. BMI yang sistem yang dikembangkan bersama dengan Honda Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR) dan Shimadzu Corporation, terdiri dari sensor-sarat helm yang mengukur aktivitas otak pengguna dan komputer yang menganalisa pola pikir dan relai mereka sebagai perintah nirkabel dengan robot.

Bila pengguna hanya berpikir tentang pindah nya kanan, pra-diprogram Asimo merespon beberapa detik kemudian dengan meningkatkan dengan tangan kanan. Demikian juga, Asimo lift dan lengan kiri ketika orang berpikir tentang mereka pindah tangan kiri, ia mulai berjalan ketika orang berpikir tentang pindah kaki mereka, dan memegang tangan-nya di depan muaranya ketika orang berpikir tentang lidah bergerak mereka.


Honda BMI – Tingginya-BMI presisi teknologi bergantung pada tiga jenis kegiatan pengukuran otak. EEG (electroencephalography) sensor mengukur sedikit fluktuasi dalam potensi listrik di kepala yang terjadi ketika berpikir, sementara NIRS (near-infrared spectroscopy) sensor mengukur perubahan aliran darah di otak. Ekstraksi informasi baru yang dikembangkan adalah teknologi yang digunakan untuk proses kompleks data dari kedua jenis sensor, sehingga yang lebih akurat membaca. Sistem dilaporkan memiliki tingkat akurasi lebih dari 90%.
Japan Honda Robot
Penggunaan EEG dan NIRS sensor membuat sistem baru yang lebih kompak daripada sebelumnya BMI sistem yang bergantung pada bulkier fMRI (fungsional magnetis resonansi imaging) teknologi. Meskipun sistem yang cukup kecil untuk diangkut dari tempat ke tempat lain, para pengembang berencana untuk mengurangi ukurannya.
Honda, telah melakukan penelitian dan pengembangan BMI dengan ATR sejak tahun 2005, adalah melihat ke dalam kemungkinan satu hari menggunakan jenis antarmuka dengan teknologi kecerdasan buatan dan robotics ke perangkat yang membuat pengguna dapat beroperasi tanpa harus bergerak.
Syarat mengedalikan Robot ini adalah, tidak boleh berpikiran ngeres !!

Sumber : http://motionsart.blogspot.com/2011/02/berita-robot-honda-asimo-sudah-bisa-di.html
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

3 Responses to this post

  1. Lily Kasim on February 27, 2011 at 8:32 AM

    mantapnyoooo...ditunggu bisa masakin dan nyuciin serta ngepelin...beres2 rumah...hihihihi...

  2. Health Institute on February 27, 2011 at 8:33 AM

    bagus juga untuk aplikasi bidang kesetanan eh kesehatan..heheheheh...

  3. sania rin on October 17, 2015 at 7:13 PM

Leave a comment

Komentarmu=Jati Dirimu