Public Speaking

"Mas mas, mbak-mbak, adik-adik, bapak-bapak, ibu-ibu sekalian.......",
Kadang kita mendengar sesorang berbicara di depan umum seolah-olah ngabsen kita semua, iya kan? Itu wajar, karena memang sang pembicara ingin mendapatkan interaksi dengan para pendengar.

http://amfreefinance.blogspot.comBerbicara di depan umum, atau istilah jawa-nya sering disebut Public Speaking menjadi sangat penting untuk menyampaikan sesuatu hal, bahkan studi mengenai Public Speaking ini sendiri kini mulai digemari, buktinya masih banyak mereka yang mengejar dan ingin belajar meningkatkan kemampuan Public Speaking mereka dengan mencari mentor-mentor atau kursus-kursus mengenai hal ini.

Berbicara di depan umum bukan hal yang sulit, tetapi juga bukan hal yang gampang. Dikatakan sulit bagi mereka yang belum menguasai ilmunya, dikatakan mudah apabila kita sudah tau betul cara dan runtutan mengenai apa yang akan kita sampaikan ke umum.

Kemampuan berbicara di depan umum ini kini menjadi sangat beharga, produsen-produsen, perusahaan-perusahaan, menganggarkan banyak duit untuk menggaji seorang pembicara untuk menyampaikan misi dan tujuan, bahkan untuk mensosialisasikan produk mereka kepada umum, Public Speaking adalah ujung tombak suksesnya sebuah penjualan, itu sudah bukan rahasia lagi.

Lalu bagaimana dengan kita yang ingin belajar yang namanya Public Speaking ini? Yah jalan satu-satunya adalah belajar pada yang sudah ahlinya, saya bukan ahli lho, cuman saya punya sedikit resep sederhana buat sobat sekalian yang ingin sedikit ngintip trik dan cara berbicara di depan umum, berikut simak lebih lanjut, gak rugi kog, karena gak bayar mahal dan yang pasti buat investasi otak kita, he he he.

  1. Kuasai betul apa yang ingin anda sampaikan, bahkan dalam hal ini jangan sampai terlewat sedikitpun, termasuk hal-hal kecil yang biasa pendengar tanyakan nantinya soal hal ini juga harus anda kuasai jawabanya, ini penting, caranya : coba cari referensi mengenai hal yang anda sampaikan dan permasalahan akan hal tersebut, kalau yang anda sampaikan adalah pengumuman, maka kuasai betul Apa Dimana Kapan Mengapa Siapa.

  2. Kenali betul tipe seperti apa orang yang akan kita ajak mendengarkan apa yang kita samapaikan, jangan sampai kita salah alamat, maksudnya berbicara dengan tipe orang yang kurang berpendidikan, tapi malah kita menggunakan istilah-istilah ilmiah yang mungkin mereka belum paham.

  3. Jadilah kita pembicara yang aktif dan interaktif tapi di sini jangan terlalu atraktif atau terlalu banyak tingkah yang kurang perlu. Caranya dengan mengajak pendengar untuk mengingat hal-hal yang berkaitan dengan hal yang kita sampaikan, atau mengajak berhitung sederhana tentang hal-hal yang berkaitan, memberikan contoh yang ada kaitanya juga.

  4. Jangan pernah memojokan orang lain, dalam hal ini yang saya bicarakan adalah bukan Public Speaking untuk kepentingan Politik. Dalam menyampaikan sesuatu akan lebih bijak bila kita tidak menjelekan ata memojokan orang lain, atau produk lain, karena anda bisa terjebak dalam lingkaran pencari pembenaran akan apa yang anda sampaikan tetang orang lain dan mengaburkan apa sebenarnya esensi yang akan anda sampaikan, nah siapa yang rugi?

  5. Hindari guarauan gurauan yang kurang mendidik, biasanya berbau pornografi, karena pendengar kita yang banyak ini belum tentu sama daya tangkapnya tetang apa yang kita sampaikan, nah kalau sampai ada yang beranggapan anda ini cabil gimana? Padahla maksud kita dalah hanya sekedar berguarau.

  6. Gunakan bahasa tubuh yang tepat, nah kalau berbicara di depan umum ingin menyampaikan sebuah gagasan, misi atau mungkin ajakan, tetapi anda terkesan lemas, seperti tangan yang gontai di samping pinggang, ha ha yah tidak mngene lah, demikian pula sebaliknya, jika anda menyampaikan tentang kesedihan atau keprihatinan, tapi tangan anda bermain di depan atas muka anda, ha ha lucu....


Nah itu resep sederhana untuk menjadi Public Speaking di awal-awalnya, untuk hal-hal yang lebih detail mengenai bagaimana menjawab pertanyaan yang anda belum kuasai jawabanya tapi seolah anda sudah tau solusinya, he he beli bukunya mahal sob, dan lagian panjang banget....he he he pissss

Buat sobat blogger, gimana nih kalau menurut sobat sekalian mungkin ada tambahan soal Public Speaking? He he atau mungkin ga baca yah, atau mungkin pengin komentar "Tips yg oke sob, thanks dah sharing" he he he monggo silahkeen....(thukul mode on)

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

18 Responses to this post

  1. Suratman Adi on August 7, 2010 at 6:35 PM

    Pertamax,..

  2. Nyayu Amibae on August 7, 2010 at 6:47 PM

    Aku suka gambarnya sob, gambar orator from indonesia yang paling terkenal.

    terima kasih untuk tips berbicara di depan umumnya sob, sangat bermanfaat untukku...

    Klo boleh nambahin, menurutku untuk dapat berbicara di depan umum, kita menganggap orang yang kita ajak bicara seperti saudara kita sendiri, kalau merena juga sudah menganggap kita sebagai saudara, otomatis bila perlu interaksi maka tidak akan mengalami kesulitan lagi.

    satu lagi, berdasarkan bahasa yang kalau bisa sama dengan bahasa pendengar, bila perlu kita menggunakan bahasa daerah sehari-hari mereka, sehingga apa yg akan kita sampaikan cepat untuk mereka pahami... ^_^

    Keep Smile ^_^

  3. serviceac on August 7, 2010 at 7:41 PM

    jika tips tersebut sudah bisa dikuasai smua tentu bisa jadi pembicara handal nihhh

  4. Ferdinand on August 7, 2010 at 8:23 PM

    yang terpenting jangan memotong pembicaraan org lain.... da bener tuh mesti tau kiita ngobrol sama siapa.. klo sama Satpam kan ga mungkin bahasanya seperti sama Bozz hhe...

  5. PakWow_Keren on August 8, 2010 at 9:39 AM

    tips yg berguna...
    kalo aku modal pede aja lah...
    haha..

  6. Nilla Gustian on August 8, 2010 at 11:01 AM

    Aku kira Public Speaking itu istilah Sunda..^_^

    Dan jangan lupa berdoa sebelum memulai pembicaraan.. :)

  7. rawins on August 8, 2010 at 1:07 PM

    kalo bingung, doanya aja dipanjangin. biar pas amabadu, waktunya dah habis. jadi tinggal ucap wasalam...

  8. mixedfresh on August 8, 2010 at 8:10 PM

    Aku tetap ga bisa pidato di atas panggung sob...Kayanya kena demam panggung...

  9. rij4 on August 8, 2010 at 8:13 PM

    Perlu dicoba nih....moga2 aja aku bisa pidato...

  10. inung halaman samping on August 9, 2010 at 12:25 AM

    wah jadi inget ketika jaman sekolah dulu grogi abis pas baca Pembukaan UUD45 waktu upacara bendera qe3

    Penguasaan materi emang penting dan tentu saja latihan serta dukungan sekitar ;)

  11. Bali Property on August 9, 2010 at 10:47 AM

    Makasih tipsnya.. berbicara di depan orang banyak memang bukan hal yang mudah,
    kalo kita tidak lincah atau kita asal bicara alias ngawur, malah akibatnya nanti padakita sendiri hehe..
    Bali Villas Bali Villa

  12. Ferdinand on August 9, 2010 at 11:32 AM

    Lanjut ngobrol>>

    wah bener tuh Sob... aku juga ra perduli blas sama yg namanya PR n alexa haha...n klo mau bikin langsung bener tuh mending buka sendiri aja tuh blog pantengin ampe tengah malem ya sob haha,,,,,,

    Semangat n Met aktivitas Sob...

  13. Damar on August 9, 2010 at 2:51 PM

    Waktu SD pertama kali ngomong di depan saat upacara, tanpa terasa kaki gemetar, suara hilang jadinya bengoonngg ...
    Sugeng menyambut bulan ramadhan, mohon maaf atas segala kekurangan,mari raih kemenangan

  14. souvenir pernikahan on August 9, 2010 at 5:18 PM

    kemampuan public speakingku masih jelek nih...

    aku coba tipsnya

  15. rizal on August 11, 2010 at 2:02 PM

    mungkin jadi orator, penyanyi atau penceramah mungkin harus ada bakat atau bawaan lahir, saya termasuk orang yang nggak bakat soal itu, demam panggung selalu membayangi...

    thank tipnya..

    kalau dulu masih kecil biasa tampil didepan umum dengan memakan lada hitam supaya grogi hilang

  16. catatan kecilku on August 11, 2010 at 9:48 PM

    Resepnya banyak banget, hehehe.
    Thanks banget sharingnya... kudu aku pelajari nih supaya bisa menguasai teknikk bicara di depan umum.. :)

  17. catatan kecilku on August 11, 2010 at 9:51 PM

    Oya, maaf sampai sekarang aku belum pajang awardnya... karena blogku tempat pajang award sedang 'rusak' dan tak bisa dibuka...
    Insya Allah kalau udah sehat lagi akan segera aku pajang awardnya,
    Sekali lagi maaf ya...

  18. Bali Villas Booking on August 21, 2010 at 12:59 PM

    kalo aq yang penting berani dan pede ngomong didepan orang banyak itu akan membuat lancar semua kalimat.....

    Bali Wedding Bali Weddings

Leave a comment

Komentarmu=Jati Dirimu