Prospek Menekuni Bidang Sales dan Marketing #1

Seperti kita ketahui, Salesman adalah sebuah skill. Dan berarti itu adalah sebuah keahlian. Menurut hemat saya yang dinamakan "ahli" sesuatu adalah ketika kita mampu menghasilkan dengan sesuatu itu, ya itu adalah income, di sini yang saya maksudkan adalah financial. Ahli komputer, artinya kemampuan komputernya bisa memberikan income. Ahli bahasa, artinya bisa jadi dia disewa untuk membahas masalah bahasa, dan ahli-ahli yang lain. Demikian juga mereka yang ahli dalam hal menjual ( salesman yg ahli ) maka dia bisa mendapatkan income dari keahlianya itu.

Negara kita adalah negara yang sedang berkembang. Banyak sekali bermunculan produsen-produsen yang berlomba-lomba mencari pasar untuk produk yang mereka anggap High Demand. Namun demikian apa jadinya jika mereka tidak mengguankan tenaga penjual seperti salesman. Perusahaan ini membutuhkan para salesman untuk mempercepat distribusi barang dari produsen ke konsumen yang artinya adalah bahwa salesman di gunakan untuk mempercepat perputaran modal mereka.

Sebagai contoh, teman saya bekerja pada sebuah produsen mesin cuci dengan merek El*******X, secara awam kita berpendapat bahwa merek mesin cuci yang satu ini pastilah sudah laku di pasaran, karena memang merek ini sudah amat sangat terkenal. Namun demikian pabrikan ini masih saja menggunakan jasa salesman untuk menjual mesin cuci seharga 12 juta itu LANGSUNG pada konsumen non toko. Ini salah satu bukti bahwa pabrikan yang satu ini memerlukan percepatan perputaran modal dalam perusahaan mereka.

Sekarang, di tempat lingkungan saya tinggal, profesi salesman sudah tidak lagi gianggap sebagai sebuah profesi yang "tabu" atau dihindari. Dahulu, ketika mendengar kata "Lowongan Kerja Marketing" pasti komentarnya "Paling-paling jadi sales, males ah". Kurangnya pengetahuan mengenai profesi ini, menjadikan profesi salesman begitu tidak diminati di masa lalu.
[postingan EDISI SALESMAN by o0z]

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

3 Responses to this post

  1. rizal on August 28, 2010 at 1:01 AM

    usekarang ini banyak yang sukses menjadi salesmen. mungkin untuk menjadi salesmen harus punya bakat kali ya, soalnya saya dulu pernah mencoba menjual sebuah produk dan alhamdulillah hasilnya kurang memuaskan mungki karena tidak bakat atau juga pengetahuan saya dibidang itu sangat kurang

  2. Elvindinata on August 28, 2010 at 8:05 AM

    ternyata salesman adalah seorng yang sangat penting untuk mempercepat distribusi perusahaan yah,,,hmm,,nice info sobat,,happy blogging :)

  3. Ferdinand on August 28, 2010 at 9:47 AM

    Biarpun sering dianggap pekerjaan rendah.. tapi aku gak setuju Sob... justru suatu barang bisa terjual karena keahlian mereka..... pernah nonton Persuit Of happines Brow? disitu cerita Salesman yg akhirnya Suskes.... n itu real....

    Oiya maaf telat....... salam dlu kita..... Met akhir pekan...

Leave a comment

Komentarmu=Jati Dirimu