Masalah pada mulut seringkali menimbulkan rasa kurang nyaman pada penderitanya. Tak hanya karena bisa menimbulkan rasa malu karena kurang nyaman dipandang, bila ada lubang atau noda pada gigi, juga karena masalah pada gigi dan mulut bisa menimbulkan bau tak sedap.

Pepsodent, produsen pasta gigi kenamaan dalam negeri baru-baru ini menggelar konferensi pers dan mengutarakan 8 masalah utama yang sering dihadapi oleh para dokter gigi saat harus merawat gigi pasiennya. Delapan masalah tersebut antara lain; gigi berlubang, noda pada gigi, email gigi yang lemah, napas tidak segar, pembengkakkan gusi, penumpukan plak, penumpukkan tartar, dan permasalahan bakteri.

Supaya tak dilanda masalah tersebut, memang paling benar untuk merawat gigi sejak awal sebelum timbulnya masalah. Berikut tips dari drg Armasastra Bahar, PhD untuk mencegah permasalahan gigi dan mulut;
* Bersihkan seluruh permukaan gigi 2 kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur.
* Konsumsi maknaan bergizi seimbang, terutama kalsium dan mineral.
* Gunakan pasta gigi yang mengandung sodium fluoride dan zinc citrate.

Sementara Pepsodent, yang pada kesempatan tersebut meluncurkan Pepsodent Complete 8 memberikan tips menanggulangi 8 masalah utama pada gigi dan mulut;

* Gigi berlubang: menggosok gigi secara teratur 2 kali sehari selama 2 menit dengan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mengurangi kerusakan gigi. Menghindari makanan yang mengandung gula di antara jam makan, dan kunjungi dokter gigi secara teratur.

* Noda pada gigi:
selalu berkumur air putih setelah mengkonsumsi teh atau kopi.

* Email gigi lemah: hindari makanan yang mengandung asam dan langsung membersihkan gigi setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung asam.

* Napas tidak segar: selalu menjaga kebersihan dan kesegaran mulut dengan menggosok gigi dua kali sehari, serta selalu membersihkan lidah dari sisa makanan.

* Pembengkakan gusi: Hindari menggosok gigi terlalu kuat, karena akan melukai gusi atau memaksa sela-sela gusi terbuka dan memberi celah untuk makanan masuk ke dalamnya dan membuat gusi meradang.

* Penumpukan plak: selalu pastikan Anda menggosok gigi setelah makan agar bakteri tidak berkembang biak dan mengakibatkan plak.

* Penumpukan tartar:
Sekali terbentuk, tartar tak bisa dihilangkan dengan sikat gigi. Namun pertumbuhannya bisa diperlambat dengan pasta gigi yang berformula anti tartar.

* Permasalahan bakteri: Menggosok gigi dengan teratur adalah kunci utama mencegah permasalahan bakteri, pastikan Anda melakukannya secukupnya setiap hari.[kopmpas.com]

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

2 Responses to this post

  1. Unknown on July 14, 2010 at 2:12 PM

    Gigi putih berseri dengan Pepsodent. Delapan masalah utama gigi ini memang harus kita perhatikan. Dengan selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut, kita tampil lebih pede, dapat tersenyum dan tertawa dengan 'lepas'. Trims sharingnya.

  2. mixedfresh on July 14, 2010 at 6:48 PM

    gigi berlubang ini dah masalahku, padahal udah rajin sikat gigi

Leave a comment

Komentarmu=Jati Dirimu