Sobat Blooger sekalian Produsen elektronik Jepang, Sanyo berhasil menciptakan sebuah perangkat 'penanak roti'. Perangkat ini dapat mengubah butiran beras langsung menjadi roti. Nah loh, ga perlu repot lagi kan ?

Beras biasanya hanya bisa diolah menjadi nasi. Bahkan perangkat penanak nasi saat ini banyak ditemui di pasaran. Namun kali ini Sanyo mencoba berinovasi dengan meluncurkan penanak roti di Asia.

Mesin ini dapat memadukan secangkir butiran padi menjadi tepung beras. Kemudian, tepung beras tersebut diolah lagi dengan campuran air, zat perekat yang biasa digunakan untuk membuat ketan, ragi, dan bahan lainnya yang digunakan untuk memanggang roti. Semua olahan itu akan berubah menjadi roti hanya dalam waktu empat jam.

"Penanak roti ini diberi nama Gopan, berasal dari kata 'Gohan' yang berarti beras dan bahasa Spanyol 'pan' yang berarti roti. Nantinya mesin ini baru akan dipasarkan di Asia tahun depan, setelah lebih dulu diluncurkan di Jepang pada Oktober," ujar juru bicara Sanyo Liu Yingying, seperti dikutip melalui Straits Times, Kamis (15/7/2010).

Menurut Yingying, Sanyo sangat antusias untuk mengekspor mesin ini ke negara-negara Asia, seperti China dan Asia Tenggara, yang masih memiliki lahan padi di negaranya dan bahkan menjadikan beras sebagai makanan pokok. Mesin itu sendiri akan dipasarkan dengan harga USD774 hingga USD928.

Sanyo berpendapat jika mesin ini akan meningkatkan konsumsi beras dan mengubah kebiasaan makan seseorang.

Menurut data dari industri, pasar untuk 'home bakery', atau industri rumahan yang menggunakan mesin pembuatan roti, meningkat drastis di Jepang pada beberapa tahun terakhir, dan pengiriman naik 30,7 persen pada 2009 dari tahun sebelumnya menjadi 438.000 unit.[technozone]
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

7 Responses to this post

  1. Dunia Muslimah on July 16, 2010 at 12:49 AM

    Ini baru bermanfaat bagi kaum ibu rumah tangga...

  2. mixedfresh on July 16, 2010 at 5:27 PM

    wah keren, mempermudah aja

  3. rawins on July 17, 2010 at 12:01 AM

    wah jangan jangan ilmu istrinya jaka tarub tuh. masukin gabah sebiji bisa jadi nasi sebakul...
    hehehe...

  4. inung halaman samping on July 17, 2010 at 12:49 AM

    Di Jepang masih Oktober, berarti lebaran besok kite-kite belom bisa nyoba nih barang punya Sanyo ya?

    Paling cepat awal tahun 2011 baru ampe Tanjung Priok trus nyebar ke Jakarta ampe toserba Progo dan Ramai-Jogja ya om Ozzys? qe3

  5. 2012 on July 17, 2010 at 12:50 PM

    Wah.... ternyata teknologi serba wizard sob... wizard=otomatis!

    he..he..
    nais inpo sob...

  6. Unknown on July 17, 2010 at 1:36 PM

    Nasi masih menjadi makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Untuk merubah ke jenis makanan lain cukup sulit. Walau sudah makan roti, buah, ketela dan lainnya, namun rasanya kita belum makan kalau perut belum kemasukan yang namanya nasi. Sehari-hari roti menjadi salah satu makanan lain yang favorit. Produsen Sanyo meluncurkan produk yang inovatif dan menarik. Konsumennya akan menunggu dan menyambut dengan baik produk baru tersebut. Sayang sekali harganya masih relatif mahal untuk ukuran kantong orang kebanyakan. Diturunin harganya dong, Sanyo. Trims infonya sobat.

  7. BajaEmas on August 5, 2010 at 8:32 AM

    Selamat berkarya dan berjaya selalu. Semoga TEKNOLOGI semakin berkembang.
    dari
    http://bajaemas.blogspot.com

Leave a comment

Komentarmu=Jati Dirimu