Membuat Doorwaypage Syah Atau Tidak  I [penting untuk SEO]
Oleh : Ahmad Fauzi [o0z]

Banyak sekali orang belajar SEO [untuk kepentingan bisnis] terjebak dalam rasa putus asa, sehingga mencoba cara cara miring untuk mendongkrak popularitas blog nya, di antaranya mungkin termasuk saya yang mungkin yang begitu belum banyak ilmu untuk melakukan SEO secara profesional.

Omong-omong soal SEO? Emang seperti apa sih SEO yang profesional ? Yang membeli backlink? membeli traffics ? atau mungkin memasang iklan besar2an pada biro2 iklan online yang sekarang banyak bermunculan.

Sebagai pemula seperti saya, tidak ada salahnya untuk mempelajari semua itu, iklan, traffic, dan mungkin melakukan apa yang mereka sebut cara miring itu, toh akhirnya seorang pembelajar hanyalah memepelajari inti dari berbagai cara tersebut, dan bagai mana cara kerjanya.

Nah berikut ini sebuah artikel yang saya bikin untuk melakukan yang di sebut doorwaypage, atau istilahnya memanggil link blog lain agar terjadi saling keterkaitan, karena om google suka dengan blog yang dianggap penting, salah satunya dengan cek berapa link yang masuk untuk blog kita. Mari kita mulai contoh artikel doorway [ agar tidak dianggap miring ] versi saya:



[------Mulai Disini-----]
Di dunia internet, laju informasi adalah nomer satu, orang berbondong2 untuk membuat blog dengan menyampaikan informasi-informasi penting, ada juga yang berbisnis, nah untuk dunia bisnis, akan lebih penting jika halaman mereka berada di page 1 pada mesin pencari, untuk itu mereka harus belajar mengenal SEO.

Inti dari belajar SEO adalah hasilnya, yaitu menjadi terkenal dan banyak pengunjung yang datang, dengan banyak pengunjung tentu saja peluang terjadi penjualan akan lebih banyak, salah satu diantaranya adalah secara langsung mengenalkan blog kita kepada para blogger dengan cara berkunjung ke blog mereka dan secara tidak langsung kita sudah memperkenalkan blog kita sendiri, ini di sebut Blogwalking , nah untuk Cara Blogwalking silahkan dicek di sini.

Tidak usah pandang bulu, banyak sekali teknik SEO yang menyarankan untuk berkunjung pada Blog yang satu aliran dengan kita, namun itu saya angap naif, "emang yang butuh informasi dari blog kita hanya mereka yang jual jamu?" semisal blog kita jualan jamu.

Jadi kita bisa berkunjung ke blog-blog semisal yang menulis coretan harian mereka atau mungkin berupa blog-blog diary, bagi para pebisnis, ga usah khawatir lah, masak blognya sendiri takut dikunjungi ? ingat membatasi diri dari jalinan pertemanan itu tidak baik.

Nah kemudian, sebagai seorang blogger, kita harus mengedepankan aktifitas membaca, karena dengan membaca, secara otomatis kita berinfestasi pada otak kita yang super duper dahsyat kemampuanya ini. Bahkan saya sendiri punya moto "hidup begitu indah dengan membaca" yang menyemangati saya untuk selalu rajin membaca. Ingat setelah membaca kita WAJIB hukumnya untuk berbagi. Jadi selalu tanamkan semangat membaca dan berbagi pada diri kita.

Setelah membaca kita bisa berbagi tentang apa yang kita baca pada sobat blogger lainya, atau mungkin berbagi pengalaman dengan membuat personal blog seperti ozzy's blog atau berbagi berita dengan membuat blog dengan tema "kabar untuk negeriku" ada juga bisa berjualan dengan blog-blog yang punya judul menarik seperti perawan lagi mau? , bisa juga membuat tema blog pribadi seperti selamat datang ke halaman mbah , atau bercerita tentang pengalaman saat melakukan blog walking

Nah kalau blog kita soal marketing bagaimana, ga usah khawatir, meskipun sedikit blogger yang terjun menekuni dunia marketing, membuat blog marketing juga tidak masalah, toh kalau blog kita bagus juga banyak yang berkunjung, iya kan? Taruhlah bukin blog perusahaan PT. Natural Nusantara, atau mungkin bisa juga kita membuat blog menjelaskan perihal marketing, semua tidak ada salahnya, ilmu itu mahal harganya, ingat sudah berapa duit orang tua anda kelauar duit untuk sekolah?

Jika anda seorang profesional yang bekerja dalam bidang tertentu maka tidak ada salahnya anda berbagi dengan semua orang, ingat!!! berbagi itu kita tidak kehilangan, tetapi justru mendapatkan yang lebih, jadi anda bisa membuat blog seperti dengan tema "meja kerja" atau yang sejenis.

Mungkin terlalu panjang tulisan ini yah, jadi pembaca sedikit jenuh dengan panjangnya tulisan, tapi kalau semisal bermanfaat kenapa tidak baca seluruhnya, he he ingat investasi untuk otak yang saya sampaikan diatas?

Jadi? Oke -oke mungkin itu pertanyaan yang lazim bagi para pembaca, "so What?, yah kalau menurut saya, pelajaran paling berharga adalah pengalaman, tanpa melakukan Take Action, sebanyak apapun kita membaca dan belajar, tanpa mengamalkanya yah sama juga bohong, melakukan hal-hal kecil untuk mendapatkan yang lebih besar, itu kata-kta bijak yang sering kita baca, lalu seperti apa, yah bikin saja blog-blog kecil untuk berlatih berlatih berlatih, blog-blog latihan bisa juga seperti just my copy paste atau mungkin bercerita soal produk-produk unggulan atau mungkin melakukan bookmark berita seputar kita. semua sah dan halal, tidak ada yang salah dalam belajar, justru dengan kesalahn kita mampu membenahinya untuk mendapatkan ilmu yang berharga.
[-----Berakhir Di sini-----]


Artikel di atas saya postingkan ke smua blog yang ada linknya diatas itu, jadi blog ini memberi 1 backlink ke masing2 blog ( 18 blog ), akan tetapi juga mendapat backlink dari 18 blog, jadi imbang deh, he he.

Nah SObat Blogger sekalian, demikian tadi di atas itu saya mencoba untuk berbagi contoh artikel doorwaypage agar tidak terkesan spam, di samping enak dibaca juga mengandung pesan.

Saya, sebagai seorang pemula yang belajar SEO tidak menutup diri untuk menerima masukan dan kritik dari teman-teman, karena kritik adalah senjata utama untuk maju dan berkembang, tul ga?

O iya ini belum selesai lho artikelnya, akan bersambung di part II mengenai cara implementasi ( waduh bahasanya sok jago ) doorwaypage yang sehat.

::Salam Hangat::
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

14 Responses to this post

  1. PakWow_Keren on July 17, 2010 at 11:14 PM

    Doorwaypage maksude apaan ya...??
    klo backlink a lmyn phm...
    :p

  2. Oby Syam on July 17, 2010 at 11:22 PM

    hmm... seo mang bikin njelimet yah bang o'oz..... T~T

  3. Amdhas on July 17, 2010 at 11:23 PM

    bicara tentang seo dorway bisa di katakan bagus tapi yang terpenting adalah konten sebagai atau konten adalah raja..
    keywordpun di perhatikan,,(hanya opini)

    buat template saya belum bisa fulltime blogging dan lagi cari upload yang bagus sekarang lagi libur jadi banyak kesempatan tapi malah di gunakan untuk eksperimen php,jquery,html..maaf ya sob,,biar lebih hidup templatenya dan cssnya juga belum valid baru html

  4. cHugy - gOgOg on July 17, 2010 at 11:29 PM

    Waduh berat ni postingannya banyak teknik SEO....!!mantab Boz...!!

    Ditunggu postingan berikutnya...
    Met bermalam minggu boz...!!

  5. Nyayu Amibae on July 17, 2010 at 11:32 PM

    Berkunjung dengan tergesa-gesa... (numpang berteduh sob).. ^_^

    Klo aku, niat ngeblog hanya ingin curhat, n marah-marah. Klo di dunia nyata mau marah dengan siapa? so... rasa dan asa ku ku jadikan saja dalam tulisan. Karena itu, mungkin klo urusan SEO aku ga begitu peduli sob.. nah klo untuk melestarikan membaca aku dukung 120%, hehehehe

  6. Unknown on July 18, 2010 at 2:14 AM

    aku kok gak terlalu paham ya masalah seo

    yang aku tau mah posting dan bw aja
    hehe...

    selamat berakhir pekan sahabat...

  7. Sudinotakim on July 18, 2010 at 7:38 AM

    Seo memang kita butuhkan ya mas..cuma perlu sedikit seni dlm penempatannya..thanks atas sharenya mas..

  8. mixedfresh on July 18, 2010 at 8:30 AM

    Aku malahan sampai sekarang ga ngerti masalah SEO sob soalnya kadang bikin kepala pusing banget dah....Nah dari sini aku bisa belajar sedikit2 lagi

  9. rawins on July 18, 2010 at 11:44 AM

    hahaha aku ga pernah mikirin seo. ngeblog cuma buat ngoceh doang. ada yang baca syukur ga juga biarin...

    nais pos gan...

  10. Belajar SEO on July 18, 2010 at 12:35 PM

    masih belum mudeng nih
    aduh mumet

  11. inung halaman samping on July 18, 2010 at 12:49 PM

    makin pahan nih soal SEO dan tips2nya, selama ini aku ngeblog buat uneg-uneg qe3

    Dari artikel ini, setidaknya ikut manfaatin tips SEO buat mengoptimalkan blog misalnya seperti Ozzys tulis diatas: banyak membaca, berbagi dan blogwalking. Trims 4 sharing, brader

  12. Susi Susindra on July 18, 2010 at 1:28 PM

    Dicatat triknya. TFS ya mas.

  13. febriyanto on July 18, 2010 at 2:54 PM

    blog sampean semua itu y? hhi, pemasaran blog ni kyknya, teknik SEO.. hheh

  14. Unknown on July 19, 2010 at 4:39 PM

    Teknik SEO memang penting sekali untuk dikuasai oleh para blogger. Trims sharingnya sobat. Salam sukses.

Leave a comment

Komentarmu=Jati Dirimu