Pucuk daun teh dari pegunungan dengan ketinggian di atas 1.000 meter membawa kesegarannya pada sekantong teh. Menyeduh satu kantong teh hitam dengan air mendidih bisa menyegarkan tubuh dan menenangkan pikiran. Bekas seduhan teh tak terbuang percuma, karena bisa menyegarkan kaki dengan rendaman teh.

Jika Anda penggemar teh, sudahkah Anda menemukan keunikan teh berikut ini?

Manfaat teh untuk tubuh:
  1. Teh digemari seluruh orang di dunia, setelah air putih. Bahkan, teh juga lebih populer daripada bir atau anggur. Studi konsumen menunjukkan manfaat teh setara dengan air putih untuk mengatasi kehausan. Bedanya teh lebih memiliki rasa dan memberikan efek menyenangkan setelah diminum. Karenanya teh menjadi minuman yang lebih menarik, tak sekadar cairan pelepas dahaga.
  2. Dari aromanya saja, teh bisa memberikan efek relaksasi dan memberikan rasa nyaman. Karena kandungan L-theanine, yakni asam amino pada teh yang menstimulasi otak untuk memberikan rasa tenang dan kewaspadaan lebih tinggi.
  3. Mengkonsumsi teh hitam pahit (tanpa gula atau tambahan lainnya) secara rutin, sebagai bagian gaya hidup menjadi bentuk diet yang menyehatkan. Mereka yang memiliki kebiasaan ini, terbukti lebih sehat daripada yang tidak terbiasa minum teh. Teh tanpa susu atau gula juga baik untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan.
  4. Teh bahkan menjadi sumber fluoride terbaik dan bisa menyehatkan gigi. Flavonoid pada teh bisa meningkatkan daya tahan asam email gigi dan juga berfungsi sebagai antibakteri. Teh memang dikenal berfungsi mengatasi bau mulut.
  5. Teh yang diseduh berdampak langsung pada tubuh. Sisa seduhan teh bahkan masih memberikan fungsi lain.
  6. Daun teh kering bisa menyerap bau pada lemari es. Serbuk teh yang ditabur di laci juga bisa memberikan aroma yang menyegarkan.
  7. Teh yang dibasahkan bisa digunakan untuk membersihkan jendela dan kaca. Caranya, seduh beberapa kantong teh dengan satu liter air, atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Celupkan kain lap halus ke dalam rendaman teh tersebut lalu peras dan gunakan untuk membersihkan perabot rumah berbahan kayu atau kaca.
  8. Teh juga menyegarkan kaki sekaligus memberikan efek menenangkan. Rendam kaki Anda dalam air dengan larutan teh. Siapkan beberapa kantung teh habis pakai, campurkan dengan air hingga mengental. Rendam kaki selama 20 menit.
  9. Teh juga bisa digunakan sebagai kompres.Misalnya untuk kompres mata, atau pada kulit yang terbakar matahari usai berenang terlalu lama.

Jadi, seduh teh dan minum rutin setiap hari, ambil manfaatnya untuk tubuh. Manfaatkan juga kantung teh bekas seduh atau daun teh kering dari dapur Anda untuk berbagai keperluan sehari-hari.[kompas.com]

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

6 Responses to this post

  1. Admin on July 13, 2010 at 6:09 AM

    Minum Teh pilihan ke 2 kalao gak ada kopi atau susu ahaha, teh pahit ane minum kalao perut mules2 brerkhasiat bangettt... Nikmat dan berkhasiat juga yaahh..poko'e apapun blognya minumnya teh ***** s***o

  2. Unknown on July 13, 2010 at 8:54 AM

    Kami jadi teringat dengan adik yang amat suka dengan teh. Dapat dikatakan, 'tiada hari tanpa teh'. Rasanya memang khas dan nikmat. Kami sekarang jarang minum teh lagi, lebih banyak minum air putih. Hanya sesekali minum teh. Trims infonya sobat. Banyak yang didapat dari minum teh secara rutin.

  3. Unknown on July 13, 2010 at 11:02 PM

    teh selain enak ternyata banyak gunany y..... baru tau,, nice info gan,.

  4. mixedfresh on July 14, 2010 at 6:45 PM

    pagi ma sore hari aku selalu minum teh karena kebiasaan

  5. warcoff on July 14, 2010 at 9:42 PM

    aku minum teh jika lagi pingin aj :)

  6. Nilla Gustian on July 14, 2010 at 10:09 PM

    minum teh di sore hari menanti datangnya senja...^_^

Leave a comment

Komentarmu=Jati Dirimu