Persoalan rambut bukan urusan sepele bagi kaum wanita, dari mulai gaya dan cara perawatannya kaum wanita akan lebih banyak meluangkan waktu untuk memeliharanya.

Hisato Suzuki, International Director Shunji Matsuo by Hisato, punya beberapa tips jitu untuk mengatasi rambut rontok yang kerap menjadi permasalahan wanita Asia, termasuk Indonesia, berikut tipsnya:


Hindari menyisir saat rambut dalam keadaan basah.Kebiasaan orang indonesia adalah menyisir rambut ketika basah. Padahal hal tersebut justru membuat rambut lebih mudah rapuh karena rambut yang basah lebih mudah lepasjika tertarik sedikit saja,” ujarnya.

Pilihlah sisir bergerigi jarang.
Sisir bergigi rapat memberi tekanan dan tarikan yang Iebih tinggi ke helaian rambut,” papar Hisato. Karena itu, sebaiknya pilih sisir bergerigi jarang, terutama bagi mereka yang memiliki rambut panjang dan ikal.

Hindari penggunaan hairdryer terlalu sering
“Lebih baik biarkan rambut mengering secara alami setelah dicuci,” ujar Hisato. Namun, jika Anda membutuhkan styling dengan menggunakan pengering rambut, sebaiknya gunakan suhu yang rendah dan usahakan jaraknya sekitar 10-15 cm dari batang rambut. “Gunakan hairdryer saat rambut dalam keadaan setengah kering, jangan ketika rambut masih basah karena akan merusak kutikula rambut,” kata hairstylist asal Jepang ini.

Sering-seringlah menggerai/mengurai rambut
Dengan iklim Indonesia yang tropis, memang akan lebih nyaman jika rambut dikat, tetapi hal tersebut, menurut Hisato,justru akan membuat helaian rambut cepat rontok. “Hilangkan kebiasaan mengikat dan menjepit rambut dengan kencang,” katanya. “Usahakan mengurainya, terutama ketika tidur, selain membuat rambut dan kulit kepala bernapas, hal ini juga bagus untuk pertumbuhan rambut,” sebut Hisato.


Gunakan pelindung kepala
Saat panas matahari terasa menyengat, gunakan pelindung kepala seperti topi, scarf: atau payung. “Panas matahari dan angin bisa membuat helaian rambut menjadi kering, gunakan pelindung kepala saat berada di luar ruangan,” tutur Hisato. Adapun, untuk mereka yang berkerudung.Hisato menyarankan sebelum dan setelah menggunakan kerudung, rambut sebaiknya disisir agar peredaran di kepala menjadi lancar dan rambut bisa kembali bernapas setelah “terkurung” seharian.


Ubah belahan rambut
Menurut Hisato, mengubah belahan rambut menghindari kulit kepala yang sama terkena paparan matahari dalam waktu panjang. Hal tersebut dapat mencegah kerontokan dan kebotakan secara perlahan.

Rutin melakukan perawatan
Lakukan perawatan pada rambut secara khusus, seperti masker dan hairspa, setidaknya minimal 2 minggu sekali.[sindo]
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment

Komentarmu=Jati Dirimu