Pandan wangiPandan atau mungkun sobat sekalian menyebutnya pandan wangi, memiliki nama biologi Pandanaceae adalah tumbuhan monokotil yang hidup di daerah tropis, tanaman jenis ini sangat akrab dalam resep-resep boga di Indonesia, sering kita jumpai dalam masakan seperti kolak, nasi gurih dan menu-menu yang lain. Daun Pandan ini mampu menghasilkan aroma yang sangat menggiurkan.

Di mana sering kita jumpai Pandan?
Pandan, di daerah saya begitu mudah saya jumpai di pekarangan rumah, di pinggir-pinggir jalan pedesaan, dan di kebun-kebun tetangga, untuk daerah perkotaan, dapat kita temukan daun pandan segar di pasar-pasar segar yang menyediakan bumbu-bumbu khas kuliner nusantara.

Manfaat Lain Daun Pandan
Belum banyak yang tahu, daun pandan sebagai bumbu resep makanan ternyata mempunyai khasiat dan mnfaat lain yang sangat membantu kita, diantaranya adalah sebagai berikut,
  1. Daun pandan dapat membantu kita dalam terapi Lemah Saraf, caranya Ambil 3 lembar daun pandan segar, cuci, potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, saring selagi hangat. Minum pagi dan sore setelah makan siang.
  2. Daun pandan juga dapat mengurangi rasa gelisah, yang berdampak susah tidur, nah yang satu ini penting bagi para blogger, ambil 2 lembar daun pandan segar, cuci, potong kecil-kecil. Seduh dengan 1 gelas air mendidih, tutup gelas, saring selagi hangat. Minum sehari sekali setelah makan. Lakukan selama 3 hari.
  3. Jika sobat blogger mengalami gejala Reumatik, daun pandan juga bisa sangat membantu, ambil 5 lembar daun pandan segar, 20 daun serai segar, cuci bersih, tumbuk keduanya sampai halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura. Aduk semua bahan, oleskan pada bagian yang sakit. Lakukan sampai rasa sakit berkurang.
  4. Buat Sobat Blogger Wanita, kecantikan sobat sekalian akan didukung dengan rambut yang indah, yaitu menggunakan daun pandan untuk dijadikan minyak rambut herbal yang kaya akan nutrisi untuk rambut, caranya : dari 1 lembar daun pandan, 10 lembar daun waru muda, segenggam daun urang aring, 5 lembar daun mangkok, 10 kuntum bunga melati, 1 kuntum bunga mawar. Cuci bersih semua bahan, potong kecil-kecil. Rebuh semua bahan tersebut dengan minyak wijen, minyak kelapa, dan minyak kemiri (masing-masing 1/2 cangkir) hingga mendidih. Setelah dingin, saring. Oleskan campuran minyak dan herbal tersebut pada seluruh kulit kepala sambil pijat ringan. Dapat dilakukan menjelang tidur, bangun tidur atau pagi dan sore hari. Setelah selesai, keramaslah dengan air panas
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

One Response to this post

  1. Nilla Gustian on June 27, 2010 at 4:43 PM

    wah, baru tau manfaat lain dari daun pandan....perlu dicoba sepertinya ( yang nomor 4 )... :)

Leave a comment

Komentarmu=Jati Dirimu